Saturday, April 16, 2011

Kopi dapat Mencegah Kanker Hati ?



Berdasarkan penelitian yang dilakukan untuk mengkaji ulang data-data penemuan dari sepuluh studi yang menghubungkan antara kopi dan kanker hati, menunjukkan peminum kopi ternyata lebih sedikit terdiagnosis kanker hati dibandingkan orang yang tidak minum kopi. Penelitian ini melibatkan 2.260 orang penderita kanker hati dan 240.000 orang yang tidak menderita kanker hati, dimana para partisipan ini tinggal di Jepang, Yunani dan Italia.

Untuk setiap cangkir kopi yang diminum, angka kemungkinan terdiagnosis kanker hati akan menurun sampai 23 persen. Fakta bahkan menunjukkan bahwa, kanker hati akan lebih jarang terjadi pada peminum kopi di semua negara partisipan itu tinggal.

Para peneliti mengatakan, temuan ini bukanlah kebetulan atau fenomena lokal dan mereka telah berspekulasi bahwa kopi dapat memperbaiki enzim hati dan memotong sirosis juga kanker hati. Namun mereka tidak menjanjikan jika meminum kopi dapat mencegah kanker hati. Untuk itu masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam untuk mengetahui apakah kopi dapat mencegah atau tidak mencegah adanya kanker hati.

http://www.melindahospital.com/

No comments:

Post a Comment