Thursday, January 13, 2011

Sejarah Kopi di Indonesia

Kopi pertama kali ditanam di Indonesia sejak abad 1696 dari jenis Arabika.  Kopi pertama kali ditanam di pulau Jawa.  Semenjak itu, kopi arabika berkembang dan mulai ditanam di daerah lain seperti di Sumatera, Bali  dan Sulawesi.  

Perkembangan tanaman kopi arabika mulai surut dengan terserangnya  penyakit karat daun (Hemileia vastatrix) semenjak tahun 1876; yang bertahan hanya di daerah dataran tinggi (1000 m dpl) dimana serangan penyakit ini tidak begitu kuat.

Sebagai alternatif, didatangkan kopi jenis robusta pada tahun 1875.  Ternyata jenis ini mampu bertahan terhadap penyakit karat daun.  Oleh karena itu, kopi robusta mulai menggantikan jenis arabika khususnya di daerah dengan ketinggian dibawah 1.000 m dpl dan mulai menyebar ke seluruh daerah baik di Jawa, Sumatera,maupun di Indonesia bagian timur.

Semenjak Pemerintah Hindia Belanda hengkang dari Indonesia, perkebunan rakyat terus tumbuh dan berkembang, sedangkan perkebunan swasta hanya bertahan di Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian kecil di Sumatera; dan perkebunan negara (PTPN) hanya tinggal di Jawa Timur dan Jawa Tengah.  

(sumber  : Asosiasi Ekspoktir Kopi dan Industri Kopi Indonesia )

No comments:

Post a Comment